Rabu, 04 September 2013

Tips Bagi Mahasiswa Yang Telat Lulus

Kuliah bagi mereka yang belum mempunyai tanggungan keluarga dan bekerja tidaklah terlalu sulit. Tergantung dari bagaimana mereka mampu menyesuaikan dengan sistem pembelajaran di perguruan tinggi. Namun, bagi mereka yang sudah bekerja dan mungkin juga sudah berkeluarga kuliah akan jadi tantangan. Tidak jarang masa studi mereka molor dan bahkan bisa jadi kena DO (Drop Out).Biasanya ganjalan utama mereka hingga telat lulus adalah pengerjaan tugas akhirnya, baik itu berupa skripsi, tesis, maupun disertasi. Semakin lama mereka menunda untuk mengerjakan tugas akhir semakin mereka merasa susah untuk segera lulus. Mereka juga akan merasa terbebani akan hal tersebut. Ditambah lagi orang-orang di sekitar mereka yang meneror dengan pertanyaan, “kapan lulus?”. Ketika mahasiswa berada dalam kondisi yang demikian tidak ada salahnya melihat tips-tips sederhana berikut ini.
  1. Berdoalah kepada Alloh Swt agar diberikan kemudahan dalam segala urusan, khususnya dalam mengerjakan tugas akhir.
  2. Bangunlah keyakinan dalam diri Anda bahwa Anda mampu menyelesaikan studi dalam waktu secepat-cepatnya.
  3. Jika Anda orang yang sangat sibuk, korbankan sebagian aktivitas Anda untuk lebih konsentrasi pada penyelesaian tugas akhir.
  4. Sampaikan masalah Anda kepada dosen pembimbing agar kita mendapat layanan khusus untuk cepat menyelesaikan tugas akhir.
  5. Buatlah jadwal kegiatan Anda dalam meyelesaikan tugas akhir dan patuhi jadwal tersebut. Buatlah target minimal dalam satu hari, misalnya satu hari harus bisa minimal membuat 2 halaman tugas akhir.
  6. Jangan sampai mundur dari jadwal, justru kalau bisa lebih cepat dari jadwal. Hal ini akan dapat menjaga mood Anda dalam menyelesaikan tugas akhir.
  7. Lakukan bimbingan secara intensif dengan dosen pembimbing. Selesai melakukan bimbingan segala masukan dari dosen pembimbing langsung ditindaklanjuti dan menyerahkan hasil perbaikan naskah tugas akhir pada keesokan harinya.
  8. Jangan mudah putus asa jika menghadapi dosen pembimbing yang susah ditemui. Tunggulah dengan sabar sambil mengerjakan kegiatan lain yang mendukung penyelesaian tugas akhir Anda, misalnya datang ke perpustakaan untuk mendapatkan referensi tambahan.
  9. Tetaplah fokus untuk mengerjakan tugas akhir Anda sampai selesai.
  10. Jangan sampai berhenti mengerjakan tugas akhir meskipun hanya 1 hari sekalipun karena itu akan berakibat fatal yang semakin memperlama selesainya tugas akhir.
Demikian tips-tips sederhana yang kiranya dapat diikuti oleh mahasiswa yang tidak kunjung lulus. Semoga dengan mengikuti tips tersebut Anda segera menyelesaikan studi dan kembali kepada keluarga dan pekerjaan dengan tenang.

By Twitter : @MahasiswaUnlam