Rabu, 04 September 2013

Tips Agar Tidak Terlambat Ngampus

Salah satu kebiasaan buruk seorang mahasiswa adalah kebiasaan terlambat. banyak faktor yang bisa menyebabkan seorang mahasiswa terlambat kekampus. bisa jadi karena faktor dari dalam diri mahasiswa itu, karena sering menunda nunda waktu atau bisa juga karena faktor dari luar, misalnya macet di jalan, dan lain sebagainya. Sering terlambat ke kampus atau kesekolah, secara tidak langsung akan sangat mempengaruhi akademik kamu. karena di samping nilai ujian yang di tuntut, presentase kehadiran kamu selama satu semester juga di perhitungkan. biasanya, di kampus, kehadiran kamu di tuntut paling tidak mencapai 80 %. bagaimana jika sering terlambat kekampus? jika dosen tidak mengijinkan kamu untuk masuk ketika kamu terlambat, maka kehadiran kamu hari itu tidak tercatat. Nah, pada bahasan kali ini, tulisan mimin akan mencoba memberikan sedikit tips-tips agar tidak terlambat berangkat kekampus. berikut adalah beberapa tips dari tulisan versi catatan mahasiswa untuk menghilangkan kebiasaan terlambat kekampus.

1. Memajukan Jam Tangan atau Jam di HP Kamu

Walaupun sedikit konyol, tapi ini bisa mengurangi resiko terlambat kamu. majukanlah jam tangan kamu atau jam di hp kamu 15 menit atau 30 menit. dengan begini kamu akan buru buru pergi kekampus, karena kamu menganggap jam kamu menunjukkan waktu yang maju. ini tentu akan membantu kamu untuk bangun pagi lebih cepat, bersiap siap lebih cepat, dan berangkat lebih cepat.

2. Persiapkan Hal Hal yang Perlu di Bawa Pada Malam Hari

Kebiasaan buruk seorang mahasiswa adalah tidak mempersiapkan dari awal hal hal yang perlu di bawa ke kampus. misalnya saja buku catatan, buku buku sumber belajar, tugas tugas kampus, dan lain sebagainya. ketika akan berangkat kekampus, mahasiswa biasanya baru sibuk menyiapkan semuanya. inilah yang menyita waktu keberangakatan kamu. jika kamu tidak ingin terlambat, persiapkanlah semuanya di malam hari sebelum tidur, esok pagi kamu tinggal berangkat tanpa perlu menyiapkan kembali.

3. Tidak Tidur Terlalu Larut Malam

Jika kamu punye kebiasaan tidur terlalu malam, cobalah kurangi kebiasaan itu. tidur terlalu malam akan membuat kamu bangun kesiangan. ini tentu saja menambah resiko kamu terlambat kekampus. tidur terlalu malam biasanya di sebabkan karena terlalu asyik melakukan aktivitas di malam hari, misalnya online, main game, nonton bola, dan lain lain. cobalah kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan itu, tidurlah lebih cepat, agar kamu tidak bangun kesiangan.

4. Gunakan Alat Bantu Bangun Tidur

Kamu dapat menggunakan alat alat tertentu untuk membantu kamu bangun lebih cepat. kamu bisa memanfaatkan jam alarm yang ada di hp kamu untuk membantu kamu bangun lebih cepat. settinglah jam alarm kamu sekitar jam 4.00 atau jam 5.00 agar kamu bisa bangun lebih cepat. nah, ketika alarm kamu sudah membangunkan kamu di pagi hari, segeralah bangun, dan bersiap siap. biasanya mahasiswa cenderung malas untuk bangun, padahal alarm sudah membangunkannya.

5. Berangkat Jauh Sebelum Jam Masuk

Nah jika kamu mampu melakukan tips yang ini, dijamin kamu tidak akan terlambat lagi sampai di kampus. perhatikanlah jarak tempat tinggal kamu dengan kampus. jika jam masuk kamu jam 7.30, kamu bisa berangkat jam 6.30. jika kamu mempunyai kendaraan pribadi, ini bukanlah masalah yang besar, tapi bagaimana jika kamu menggunakan transportasi umum? berangkat jauh sebelum jam masuk adalah hal yang wajib agar kamu tidak terlambat sampai di kampus.

6. Jangan Singgah Di Tempat Lain Selama Perjalanan

Ketika kamu dalam perjalanan menuju kampus, fokuslah pada perjalanan kamu. jangan singgah singgah di tempat lain. biasanya mahasiswa ketika berangkat kekampus, sering singgah ke tempat tempat tertentu, misalnya counter, mall, rumah makan, dan lain sebagainya. jika kamu mempunyai kebiasaan itu, cobalah kurangi sedikit demi sedikit kebiasaan kamu itu. karena, walaupun sebentar, secara tak sadar, kegiatan itu akan menghambat perjalanan kamu menuju kampus.

7. Kerjakan Tugas di Siang Hari

Fenomena yang sering terjadi di dunia mahasiswa, biasanya mahasiswa mengerjakan tugas di malam hari hingga larut malam, sehingga tidurpun terpaksa larut malam. ini sudah umum terjadi, jika kamu tidak ingin terlambat kekampus, cobalah biasakan diri kamu mengerjakan tugas tugas kuliah di siang hari. kamu bisa mengerjakannya setelah pulang dari kampus, setelah tidur siang, atau kamu dapat memanfaatkan hari minggu untuk mengerjakan tugas kuliah.

Nah, mungkin hanya itu Tips Menghilangkan Kebiasaan Terlambat di Kampus atau Yang dapat kamu coba. cobalah ubah kebiasaan terlambat kekampus jika kamu ingin mendapatkan hasil akademik yang bagus, semoga bermanfaat.


By Twitter : @MahasiswaUnlam